Kitab Risalah Qusyairiyah: Wara dan Zuhud Harus Seimbang

Kitab Risalah Qusyairiyah: Wara dan Zuhud Harus Seimbang -Kajian ini dikitab Kitab Risalah Qusyairiyah tentang pentingnya  Wara dan Zuhud, dilakukan secara Seimbang.

Kita tahu bahwa Wara merupakan permulaan dari zuhud. kedua sifat tersebut merupakan sifat akhlakul karimah yang dianjurkan oleh rosullah.  ada catatan yang perlu dilakukan pada pribadi muslim sekalian.

yaitu pentingnya dalam bersikap wara dan zuhud haruslah seimbang agar kita bisa mendapatkan ridha Allah SWT. sebagai mana Rasulullah SAW pernah berpesan kepada kta semua bahwasannya sebagai berikut ini :

 

حَدَّثَنَا أَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ أَبِي السَّفَرِ حَدَّثَنَا شِهَابُ بْنُ عَبَّادٍ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ عَمْرٍو الْقُرَشِيُّ عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِيِّ قَالَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ إِذَا أَنَا عَمِلْتُهُ أَحَبَّنِي اللَّهُ وَأَحَبَّنِي النَّاسُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ازْهَدْ فِي الدُّنْيَا يُحِبَّكَ اللَّهُ وَازْهَدْ فِيمَا فِي أَيْدِي النَّاسِ يُحِبُّوكَ
Artinya :
“Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata, “Wahai Rasulullah, tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang jika aku kerjakan maka Allah dan seluruh manusia akan mencintaiku.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Berlakulah zuhud dalam urusan dunia niscaya kamu akan dicintai Allah, dan zuhudlah kamu terhadap apa yang dimiliki orang lain niscaya kamu akan dicintai orang-orang.” (Hadis Riwayat Ibnu Majah  no 4092)
Kitab Risalah Qusyairiyah: Wara dan Zuhud

Zuhud menurut Imam Ghozali

Imam ghozali telah membagi zuhud menjadi tiga tingkatan, sebagai berikut:

1. Orang awam yaitu meninggalkan hal yang haram.

ditingkatan ini kita berupaya keras untuk zuhud terhadap dunia. kemudian kita juga berjuang dalam meninggalkan hawa nafsu beserta hasrat duniawi dan keinginan yang bersifat duniawi.

Orang yang melakukan zuhud ditahapan ini disebut mutazahhid , yaitu bersusaha payah untuk zuhud. Jika kita telah konsisten mengupayakan zukud tingkatan ini , dia akan sampai ke tingkat zuhud ditingkat awal ini.

2. Orang khusus yaitu meninggalkan hal yang halal.

pada tingkatan kedua ini, kita meninggalkan dan berusaha untuk tidak cinta terhadap dunia dengan hati yang iklash karena menganggap rendah dunia bila dibandingkan dengan apa yang diinginkannya.

sebagai contohnya adalah orang meninggalkan satu dirham, kemudian demi mendapat dua dirham.  maka hal ini tidak begitu sulit bagi pribadi muslim. namun seorang muslim akan tidak bisa lepas dari memandang apa yang dia tinggalkan dan memandang keadaan dirinya.

Upaya seperti ini juga masih terdapat kekurangan, sehingga kita perlu tingkatkan, bagaimana sobat sulit bukan?

3. Orang makrifat yaitu meninggalkan segala urusan yang menjauhkan diri dari Allah SWT.

Pada tingkatan ini merupakan tingkatan yang level tinggi, kenapa tidak? menerapkan  sifat zuhud dengan senang hati pada pribadi muslim, bahkan zuhud terhadap kezuhudannya sendiri.

Hal itu karena ia tidak merasa meninggalkan sesuatu karena dia tahu bahwa dunia tidak berarti baginya. Seperti orang yang tidak mengambil tembikar dan memilih mutiara. Dia tidak elihatnya sebagai pertentangan titik karena dunia tidak ada hubungannya sama sekali dengan akhirat.

Penutup

demikian penjelasan singkat tentang Kitab Risalah Qusyairiyah tentang  Wara dan Zuhud Harus Seimbang. semoga menjadi bermanfaat bagi saya pribadi dan bagi yang membacanya. cukup sekian ya sobat jika ada pertanyaan tinggalkan dikolom komentar dibawah ini. jika dirasa bermanfaat silahkan share kepada teman dekat kita.

Baca juga :

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Click here to login or register